MADRASAH PLUS KETERAMPILAN

MADRASAH PLUS KETERAMPILAN

          Berdasar SK Dirjen Pendis Nomor 2851 tahun 2020 tentang MA Plus Keterampilan, MAN 2 Mojokerto ditetapkan menjadi MAN Plus Keterampilan. Sehingga sejak tahun pelajaran 2020/2021, MAN 2 Mojokerto juga mengajarkan keterampilan untuk siswa.

          Menurut data Emis tahun 2019-2020, 60% siswa MAN 2 Mojokerto adalah dari golongan menengah ke bawah. Tidak semua siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, alasan ekonomi membuat banyak siswa terpaksa harus bekerja selepas lulus dari madrasah. Hal inilah yang membuat madrasah melakukan inovasi dengan membekali berbagai macam keterampilan sesuai bakat dan minat siswa.

           Pada tahun 2019 mulai dibangun gedung workshop keterampilan dengan menggunakan dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) dari direktorat KSKK dirjen pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Gedung dua lantai ini seolah menjadi ikon dan primadona baru bagi MAN 2 Mojokerto. Bukan hanya tampilan fisik berupa gedung berlantai dua yang megah, fasilitas di dalamnya juga tersedia lengkap.

           Sebagai madrasah plus keterampilan yang membekali siswa dengan 6 (enam) jenis life skill, yaitu Design Grafis, Animasi, Kriya Batik, Tata Busana, Tata Boga dan Multi media, gedung workshop keterampilan SBSN MAN 2 Mojokerto dilengkapi dengan beberapa ruangan untuk praktik keterampilan dengan alat yang terbaru dan canggih. Tidak hanya itu, guru pengajar keterampilan juga berkompeten di bidangnya masing-masing. Pembekalan life skill ke siswa ini include dalam kegiatan intrakurikuler. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran keterampilan di MAN 2 Mojokerto, madrasah juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan dan dunia kerja sebagai tempat untuk pelatihan/ magang. Bursa kerja dan Campus Fair juga menjadi agenda tahunan rutin di MAN 2 Mojokerto.

            Tumpukan Prestasi, alumni sukses serta ditunjang primadona baru gedung workshop keterampilan dari dana SBSN yang berfasilitas lengkap dan canggih, menjadikan trust/kepercayaan masyarakat pada madrasah meningkat. MAN 2 Mojokerto siap bersaing dalam PPDB tahun 2021 dengan semangat perubahan untuk mewujudkan madrasah  yang Islami, terampil, riset, cerdas dan berwawasan global untuk menyongsong era disrupsi teknologi 4.0 dan mencetak generasi emas Indonesia

GEDUNG WORKSHOP DAN FASILITAS
MAN 2 MOJOKERTO DALAM LENSA

Gedung Workshop Keterampilan MAN 2 Mojokerto yang dibangun dengan dana SBSN
Ruang Keterampilan Animasi dan Design Grafis MAN 2 MOJOKERTO (salah satu ruangan dalam gedung workshop Keterampilan. Dilengkapi dengan 40 komputer core I3 dan I5 dan internet 40 mbps)
Ruangan Multimedia MAN 2 MOJOKERTO
Ruang Praktik Keterampilan Tata Boga
Ruang Praktik Keterampilan Tata Busana di dalam gedung workshop keterampilan SBSN MAN 2 MOJOKERTO
Saat Monev Keterampilan dari Kanwil Kemenag Jawa Timur Batik hasil kreasi siswa yang dipamerkan saat ada monitoring pelaksanaan keterampilan dari Kanwil Kemenag Jatim