Tidak Hanya Teori, Ratusan Siswa MAN 2 Mojokerto Laksanakan Manasik Haji

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Ratusan siswa MAN 2 Mojokerto laksanakan praktik ibadah Haji, hari ini (14/6) di madrasah. Acara diikuti oleh seluruh siswa kelas XI semua jurusan, dipandu oleh seluruh guru mapel Agama dan didampingi wali kelas masing-masing.

“Kami ingin mengajak siswa untuk mempraktikkan semua amaliyah keagamaan yang telah dipelajari teorinya di kelas. dengan mengenalkan manasik haji sedari dini, akan memotivasi siswa untuk beribadah haji/umroh di masa yang akan datang.” tutur Bambang Ismono, Wakil Kepala bidang Kesiswaan yang juga menjadi pimpinan kegiatan manasik.

Kegiatan manasik haji ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan di MAN 2 Mojokerto, jadwal pelaksanaan biasanya menjelang bulan Zulhijah saat di mana umat Muslim menunaikan ibadah haji di Baitulloh.

“Kami sangat senang sekali bisa praktik secara langsung ibadah haji, sehingga tidak hanya dalam bayangan semata, tetapi bisa langsung mempraktikkan sesuai dengan apa yang sudah kami pelajari di kelas.” tutur NAbil Ananda, siswa kelas XI IPA 1 di tengah mengikuti kegiatan.

Untuk kesuksesan acara ini, MAN 2 Mojokerto dikondisikan seperti tempat aslinya. Banyak tanda yang dipasang untuk memudahkan siswa melakukan manasik, dimulai dengan miqot di masjid Ulul Al-Bab, Sai dan lempar jumrah, juga terlihat miniatur Ka’bah di tengah lapangan.

Acara manasik haji ini juga disiarkan secara langsung di chanel You Tube MAN 2 Mojokerto (LIA)

Leave a Reply