Tepat Perayaan HSN 2022, Kado Spesial Dari Sang Jawara, Siswa MAN 2 Mojokerto Raih Juara 1 LKTIN di UNAIR Surabaya

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Tepat perayaan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 (22/10), MAN 2 Mojokerto mendapatkan kado istiomewa dari ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah “Nutresearch tahun 2022” yang diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR).

Tim KIR MAN 2 Mojokerto yang terdiri dari Imeldha Karunia S.H.I (XII MIPA 1), Cindy Kartika Sari (XII MIPA 1) dan Ghefira Alya Nur F (XII MIPA 1) meraih juara 1 (satu) LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) “Nutresearch” tahun 2022. Lomba Karya tulis ilmiah ini diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK tingkat Nasional.

Dalam penelitiannya kali ini, siswa MAN 2 Mojokerto mengangkat judul “Eksplorasi Pemanfaatan Tepung Daun Mengkudu (Morinda Citrifolia L) dan Kangkung Darat (Ipmoea Reptans Poir) Sebagai Mie Kukara (Mie Mengkudu Kangkung Darat) Untuk Pencegahan Anemia Gizi Besi”. Ternyata setelah diteliti, Daun mengkudu dan tanaman kangkung sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi Anemia atau kurangnya zat besi dalam darah.

“Siswa mengangkat penelitian ini karena prihatin dengan teman-teman perempuannya yang sering kurang zat besi terutama saat menstruasi. Remaja putri saat ini sangat menyenangi olahan mie, maka penelitian daun mengkudu dan kangkung ini diolah untuk bahan baku mie kering yang nantinya dapat dijadikan aneka masakan.” jelas Muklisah, guru pembina ekstrakurikuler KIR MAN 2 Mojokerto.

“Sang Jawara kembali sukses meraih prestasi dalam bidang riset. MAN 2 Mojokerto memang telah mendapatkan SK dari dirjen Pendis Kemenag RI sebagai madrasah Riset Nasional. Ilmu agama dan riset memang dikembangkan secara berimbang di madrasah ini. Kami ucapkan Selamat pada para siswa dan guru pembinanya, semoga prestasi ini bisa memotivasi siswa lainnya untuk juga berprestasi.” tutur Agus Tiono, Kepala madrasah saat memberikan ucapan selamat setelah Upacara Hari Santri hari ini (22/10). (LIA)

Leave a Reply