Pilkaos MAN 2 Mojokerto TP. 2022/2023 Bukti Pendidikan Demokrasi Sejak Dini

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Pemilihan Ketua OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) MAN 2 Mojokerto Tahun 2022/2023 dilaksanakan dalam rangkaian Reformasi pengurus OSIM tahun 2022 ini.

Kegiatan diawali dengan rapat MPK (Musyawarah Perwakilan Kelas) yang selanjutnya dibentuk panitia formatur pemilihan ketua, masa kampanye (27/8), Orasi terbuka, masa tenang (28/8) dan Pemungutan suara secara langsung (29/8).

Orasi terbuka dilakukan pada hari Senin (29/8) di lapangan depan madrasah. Diikuti 1350 siswa mulai kelas X, XI dan XII. Tiga siswa menjadi kandidat Ketua Umum OSIM periode TP. 2022/2023, yaitu Siti Rachma Hiqmawati (XI Agama), Nabila Vannia Putri (XI A.5 ), dan M. Bagus Andhika Pratama (XI A.1). Ketiga Caketum (Calon Ketua Umum) OSIM memaparkan visi dan misinya di hadapan seluruh siswa, guru dan Kepala madrasah, masing-masing kandidat memiliki visi yang jelas dan disampaikan secara lugas.

Setelah Ketiga Caketum melakukan orasi terbuka, siswa menentukan pilihan sesuai hati nuraninya. Tidak hanya siswa yang memberikan suara tetapi guru-guru juga turut memberikan suaranya. Proses pemungutan suara dilakukan dengan mengedepankan azas langsung, umum, bebas dan rahasia.

“Sebagai organisasi legal di madrasah ini, OSIS siap membawa madrasah ini lebih maju lagi, lebih berprestasi menjadi Sang Jawara.” tutur M. Bagus Andhika salah satu calon.

Setelah rangkaian pemilu Calon Ketua OSIM selesai, nantinya ketua dan pengurusnya yang baru akan mengikuti LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) sebagai bekal mereka untuk berorganisasi. (LIA)

Leave a Reply