Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Dalam rangka menanamkan rasa Nasionalisme dan upaya menangkal tumbuhnya Radikalisme, Kementerian Agama melalui Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI menyelenggarakan kemah Moderasi Beragama Nasional di Ubaya Training Center (UTC) Trawas, Mojokerto(28-31/8).

Kegiatan dengan mengusung tema “Membangun Harmoni dalam Kehidupan Sosial” ini diikuti oleh sekitar 750 orang dari Pokjaluh Jawa-Bali serta perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama seluruh Indonesia. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh perwakilan agama Islam, tetapi juga diikuti oleh perwakilan umat Budha, Hindu, Kristen, Katolik, PTKIN, Ormas Kepemudaan Islam serta perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia.

“Saya bangga bisa menjadi bagian dari acara ini. Kemah moderasi beragama ini sangat bermanfaat untuk mempererat bangsa kita yang sangat majemuk ini, baik suku, daerah terutama agama. Dengan kemah moderasi ini diharapkan semua elemen bangsa dapat mengembangkan toleransi dengan pemeluk agama lain.” ungkap Agus Basuki, salah satu guru yang menjadi perwakilan dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mojokerto saat ditemui di sela kegiatan.

Dalam Kemah Moderasi sempat dilaksanakan “Deklarasi Pelopor Moderasi Beragama” dan sosialisasi arah kebijakan Kementerian Agama dalam Program Moderasi beragama. Kementerian Agama sangat aktif mengembangkan semangat Moderasi beragama, hal ini karena Moderasi beragama sangat penting untuk menjaga kesatuan NKRI. (LIA)

Leave a Reply