Tilang Elektronik Mulai Diterapkan di Mojokerto, Guru dan Pegawai MAN 2 Mojokerto Ikuti Sosialisasi ETLE

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Penerapan ETLE (Elektronic Traffic Law Enforcement) atau Tilang Elektronik di wilayah Kabupaten Mojokerto ternyata sudah dilaksanakan sejak bulan April 2022.

Polres Mojokerto hari Sabtu (21/5) mengadakan sosialisasi Tilang Elektronik tersebut di MAN 2 Mojokerto yang diikuti oleh puluhan guru dan Pegawai.

Bertempat di auditorium ma’had madrasah, Suyanto Kanit Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) memaparkan tentang teknis dan prosedur tilang Elektronik.

“Penerapan tilang Elektronik oleh Kepolisian ini merupakan bentuk profesional dan transparansi Kepolisian. Tujuan dari Penerapan ETLE ini adalah untuk membentuk kedisiplinan berlalulintas masyarakat.” tandas Suyanto, Kanit Kamseltibcarlantas di tengah presentasinya.

“Kami baru tahu bila sistem tilang saat ini telah berubah dan semakin canggih. Dengan sistem baru ini akan membuat kami pengemudi semakin berhati-hati di jalan raya” tutur Asfak Wulyo, salah satu Guru MAN 2 Mojokerto yang mengikuti Sosialisasi ETLE.

Tilang Elektronik ini diterapkan dengan cara mobile dan real time. Ada beberapa kamera yang dipasang di tempat-tempat strategis, tidak hanya itu kamera tilang Elektronik juga dipasang di mobil-mobil Patroli Kepolisian, bahkan nantinya juga diikuti oleh drone Patroli Kepolisian untuk mengamati ketertiban pengguna jalan.

Kegiatan sosialisasi ETLE ini juga dihadiri oleh produsen motor terbesar di Indonesia yaitu MPM Honda dan Jasa Raharja selaku pemberi asuransi kecelakaan, juga dihadiri oleh PMI yang memberikan pelatihan Basic Life Support bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Dengan Penerapan sistem tilang Elektronik diharapkan kedisiplinan berlalu lintas terbentuk di masyarakat sehingga dapat menekan angka kecelakaan di jalan raya. (LIA)

Leave a Reply