Saka Bakti Husada MAN 2 Mojokerto Bersama Dinkes Kabupaten Galakkan Kampanye Cegah Hepatitis Akut Pada Masyarakat

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Empat siswa MAN 2 Mojokerto yang tergabung dalam Saka Bakti Husada hari ini (14/5) mengikuti Sosialisasi Pencegahan Hepatitis Akut yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto.

Ke-empat siswa tersebut adalah Aisyah Hamidah S. (XI-MIPA 5), Salsa Dita, Ahmad Zaky Fadli (X-MIPA 4), Arjuna Satrio Narendro Nurta Amputro (X-MIPA 3). Mereka tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja) MAN 2 Mojokerto .

Bertempat di aula gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, kegiatan sosialisasi diawali dengan pemberian informasi tentang apa itu Hepatitis Akut yang belakangan ini kasusnya mulai marak ditemukan di Indonesia. Mereka juga diajari bagaimana cara mencegah agar tidak terkena Hepatitis dengan menerapkan pola hidup bersih dan higienis atau PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

“Siswa MAN 2 Mojokerto telah menerima Edukasi seputar penyakit berbahaya yang akhir-akhir ini merebak, yaitu Hepatitis Akut. Sebagai bagian dari Saka Bakti Husada siswa harus dapat mengajak teman-temannya yang lain untuk menerapkan PHBS agar terhindar dari infeksi Hepatitis Akut ini.” papar Desi Puspitasari pembina UKS MAN 2 Mojokerto.

Edukasi tentang Hepatitis akut dan cara pencegahannya diikuti oleh kader SBH se-Kabupaten Mojokerto. SBH MAN 2 Mojokerto didampingi pula oleh Bidan Eny selaku promotor UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Puskesmas Sooko Mojokerto.

Setelah mendapat pengetahuan tentang Hepatitis dan pencegahannya, siswa MAN 2 Mojokerto menyebarkan brosur tentang pencegahan Hepatitis pada masyarakat sekitar. Bertempat di perempatan Brangkal yang padat, siswa membagikan brosur pada masyarakat yang lewat.
Dengan pembagian brosur Edukasi ini diharapkan masyarakat dapat mencegah Hepatitis Akut secara tepat. (LIA)

Leave a Reply