Monev UMBK, Pengawas MA Sempat Analisis Hasil Ujian Siswa Di MAN 2 Mojokerto

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) kelas XII tahun 2021/2022 hari ke-dua (15/2) di MAN 2 Mojokerto terpantau lancar dan sukses.

Bila pada hari pertama pelaksanaan UMBK dipantau langsung oleh Kepala Seksi bidang Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto, Ama Noor Fikry, maka pelaksanaan hari ke-dua UMBK (15/2) disidak juga oleh Pengawas Madrasah Aliyah Kabupaten Mojokerto, Mochamad Zaenuri, M.Pd.

Pada kunjungannya, Zaenuri sempat melihat hasil pengerjaan soal siswa di server induk. Pengawas MA ini, menjabarkan hasil analisis nilai yang merujuk pada pembuatan soal UMBK dihadapan proktor, Wakamad Akademik dan Humas MAN 2 Mojokerto.

“Evaluasi tentang pelaksanaan UMBK bisa dilakukan juga melalui analisis nilai yang didapat siswa atau analisis butur soalnya. Soal yang baik bukan soal yang bisa dijawab betul oleh seluruh siswa. Tetapi bila ada soal yang semua siswa salah jawabannya, maka jelas soal tersebut harus dievaluasi.” terang Zaenuri serius.

Seperti yang kita ketahui bersama, MAN 2 Mojokerto menggunakan moda Computer based test, suatu aplikasi digital yang digunakan bersandar Ujian Nasional dan dikembangkan oleh Puspendik. Sehingga butir jawaban dan nilai siswa bisa langsung terpampang di monitor server secara real time.

MAN 2 Mojokerto menyelenggarakan UMBK dengan menggunakan sistem sesi dan memanfaatkan 135 PC Computer yang terbagi dalam dua ruang penyelenggaran yaitu di Laboratorium IT dan Laboratorium multimedia.

Dengan pelaksanaan Ujian Madrasah berbasis Komputer ini diharapkan assesment di MAN 2 Mojokerto dilaksanakan secara transparan, efektif, efisien dan berkualitas. (LIA)

Leave a Reply