Tingkatkan Skill Fotografi-Jurnalistik, Humas-Pembina dan Wartawan FAST MAN 2 Mojokerto Ikuti Bimtek di Jawa Post Radar Mojokerto

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Untuk meningkatkan kemampuan jurnalitik dan fotografi, Humas MAN 2 Mojokerto, pembina dan wartawan majalah FAST mengikuti kegiatan Pelatihan Juranilistik dan Fotografi yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Mojokerto pada hari Sabtu (5/3).
Pelatihan ini diikuti oleh beberapa madrasah di Kabupaten Mojokerto. Materi yang disajikan dalam pelatiahan diantaranya adalah dasar-dasar Juranilistik mulai pencarian berita, penunulisan, hingga pencetakan berita. Pemateri pelatihan juga mengajarkan seputar manajemen Jurnalisitik agar lebih maksimal untuk diterbitkan. Materi yang dipelajari tidak hanya untuk media cetak tetapi juga untuk media online.

“Sebagai jurnalis harus memiliki kejelian dalam mencari berita. Berita yang baik, apapun itu harus minimal memiliki 5W+1H”, jelas Fendy Hermansyah Hadi wartawan senior Jawa Pos Radar Mojokerto.
Sementara itu Sofan Kurniawan fotografer Jawa Pos Radar Mojokerto mengungkapkan bahwa foto yang baik adalah foto yang dapat bercerita tentang suatu kejadian walaupun pembaca tidak membaca beritanya.
“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama kehumasan MAN 2 Mojokerto. Dengan mengetahui teknik kepenulisan dan fotografi yang baik nantinya Humas MAN 2 Mojokerto selaku pengelola dan penerbit berita resmi madrasah dapat meningkatkan kualitas berita yang disajikan” tutur Moh. Karim, perwakilan operator Humas MAN 2 Mojokerto.

Tidak hanya dasar Jurnalistik, penulisan berita dan teknik fotografi jurnalistik, pada pelatihan ini peserta juga belajar tentang teknik mengambil gambar dengan menggunakan Smartphone.
Seperti yang kita ketahui bersama, kegiatan literasi di MAN 2 Mojokerto berkembang sangat pesat, tidak hanya media cetak yang berwujud penerbitan majalah FAST yang telah berusia 15 tahun dan telah ber-ISSN. MAN 2 Mojokerto juga memiliki media Online yaitu Website dan media sosial lainnya. Media berita baik cetak dan Online tersebut disediakan sebagai wadah informasi, edukasi dan pengembangan keterampilan siswa dalam hal fotografi, jurnalistik bahkan videografi yang merupakan salah satu cabang jurnalistik yang tengah berkembang di era digital ini. (LIA/K_Rim)