Pelatihan Penyusunan EDM dan E-RKAM, MAN 2 Mojokerto Siap Kembangkan 5 Budaya Mutu Untuk Pendidikan yang Berkualitas, Transparan dan Akuntabel

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Pelatihan Penyusunan EDM (Evaluasi Diri Madrasah) dengan format baru dan Cara Pengelolaan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Digital dilaksanakan kemarin Rabu, (19/1) di aula gedung ma’had MAN 2 Mojokerto.

Agar Penyusunan EDM sebagai dasar input data di E-RKAM berjalan lancar, Kepala MAN 2 Mojokerto membentuk panitia kerja yang nantinya mengakomodir segala dokumen yang dibutuhkan.

Tim penyusun EDM dan pengelola E-RKAM terdiri dari Guru, Tenaga Kependidikan, Bendahara dan Operator madrasah. Seperti yang kita ketahui bersama, Kementerian Agama saat ini telah menyediakan aplikasi berbasis digital yang dapat digunakan untuk mempermudah Madrasah menyusun EDM dan RKAM. Kemudahan pelaporan ini sangat efektif dan efisien.

“Penyusunan EDM secara digital ini akan membuktikan bahwa MAN 2 Mojokerto telah bertransformasi menjadi madrasah yang baik dalam perencanaan dan Pengelolaan anggaran. Jadi saya berharap dengan pelatihan ini, Tim penyusun dapat maksimal dalam menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan” ungkap Agus Tiono, Kepala Madrasah saat memberi sambutan pembukaan kegiatan pelatihan.

Pelatihan Penyusunan EDM MAN 2 Mojokerto menghadirkan narasumber Trainer dari Kemenag Kabupaten Mojokerto, Moh Rodli.

Dalam penjelasannya, Moh. Rodli mengungkapkan bahwa EDM saat ini mengembangkan 5 budaya mutu madrasah yaitu Kedisiplinan warga madrasah, Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan madrasah, Penyiapan, Pelaksanaan dan Penilaian proses pembelajaran, Penyediaan Sarana Pembelajaran dan Penyusunan Perencanaan Anggaran yang baik dan transparan.

Kelima budaya kerja tersebut merupakan dasar penilaian dari EDM dan harus dikembangkan di madrasah. Sedangkan fasilitas E-RKAM dan EDM yang disediakan oleh Kementerian Agama RI merupakan bukti nyata adanya transformasi digital dan komitmen madrasah untuk mewujudkan pengelolaan anggaran yang efektif, Transparan, akuntabel dan bebas korupsi. (LIA)

Leave a Reply