Design EMIS Karya Siswa MAN 2 Mojokerto, Tembus 10 Design Terbaik Nasional

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto). Prestasi membanggakan lagi-lagi diperoleh siswa MAN 2 Mojokerto. Karya Muchammad Farchani, siswa kelas 12 Agama hari ini Jum’at (8/1) telah berhasil bertengger pada 10 besar lomba Rebranding logo Emis Kementerian Agama RI.

Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Agama RI melalui Direktorat KSKK (Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan) mengadakan lomba Rebranding logo Emis yang baru. Lomba ini dibuka untuk umum, baik siswa, santri, guru, mahasiswa ataupun dosen di lingkungan kementerian agama RI.

Emis (Educational Management Information System) merupakan suatu sistem pendataan pendidikan yang dimiliki Kementerian Agama sejak tahun 1998 untuk memudahkan input data madrasah, pesantren dan pendidikan tinggi Islam.

Pada tahun 2020 Dirjen pendidikan Islam melakukan reformasi pendidikan di madrasah dengan meluncurkan program Madrasah Reform yang salah satu programnya adalah digitalisasi madrasah. Dengan paradigma baru inilah Emis yang merupakan bagian dari sistem penunjang digital juga mengalami pembaharuan sehingga diperlukan icon baru Emis yang dapat membawa semangat baru dalam perubahan.

“Design Emis saya buat se simpel mungkin tetapi tetap eye catching dan meremaja. Ini penting karena bisa menjadi simbol dari siswa madrasah Se-Indonesia yang usianya memang masih remaja. Selain itu, setiap garis dan warna dari design Emis yang saya buat memiliki filosofi dan arti positif bagi madrasah” jelas Chani, begitu dia biasa disapa saat mengetahui dirinya lolos 10 besar Nasional sore tadi.

“Kami sangat bangga, design siswa MAN 2 Mojokerto bisa sampai ke tingkat Nasional. Di MAN 2 Mojokerto memang tengah dikembangkan berbagai keterampilan sebagai bekal siswa saat lulus kelak. Salah satunya adalah keterampilan Design Grafis dan Animasi. Emis diciptakan untuk mendata informasi siswa madrasah. Dan sangat membanggakan bila yang membuat logonya adalah siswa madrasah pula. Ini menunjukkan bahwa karya siswa madrasah juga layak diperhitungkan.” tandas Agus Tiono, kepala MAN 2 Mojokerto saat memberikan ucapan selamat kepada siswa berprestasi.

Nantinya, bila design logo Emis milik siswa MAN 2 Mojokerto berhasil menjadi juara, maka logo tersebut akan digunakan sebagai logo resmi EMIS Kementerian Agama RI secara Nasional. (LIA)

Leave a Reply