Algoritma Social Networking Analysis, Penentu Suksesnya Publikasi Lembaga

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto). Masa pandemi Covid-19 membentuk suatu budaya baru di masyarakat, yaitu berkembangnya budaya berinternet secara masif dan holistis.

Saat ini internet termasuk dalam kebutuhan penting masyarakat, sehingga pemerintah harus mendorong banyak provider untuk membangun jaringan internet sampai ke pelosok desa. Hal ini dipaparkan oleh Rulli Nasrulah, pakar Manajemen Media Sosial Dosen Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dalam acara East Java Social Network Meet Up 2020 di Malang, kemarin (15/12 2020).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Timur yang diikuti oleh pegiat media sosial dan Kehumasan lembaga di bawah naungan kementerian pendidikan yaitu SMA/SMK dan perguruan tinggi, serta kehumasan lembaga di bawah kementerian agama RI termasuk beberapa Madrasah Aliyah yang ditunjuk di Jawa Timur.

Lebih lanjut kang Arul, sapaan akrab Rulli Nasrulah menuturkan bahwa memposting suatu konten di media sosial tidak boleh asal posting. Bagian kehumasan sebuah lembaga harus memperhatikan alogaritma networking yang meliputi waktu penayangan paling ideal, analisis viewer, kalender medsos, judul konten, penandaan atau tagar dan sebagainya. Hal tersebut penting diperhatikan agar informasi dari suatu lembaga dapat ditangkap masyarakat dengan jangkauan sangat luas dan tepat. Tentu saja hal tersebut akan berpengaruh pada image suatu lembaga.

“Humas juga berperan layaknya polisi atau security medsos lembaga. Humas mempunyai peran krusial untuk mengcounter berita-berita atau komentar negatif yang menyerang atau mendeskriditkan lembaganya. Tentu saja hal tersebut dicounter dengan cara-cara yang elegan dan smart.” papar Kang Arul saat memberikan materi Manajemen Konten Kreatif Media Sosial Untuk Instansi Sekolah.

“Pelatihan seperti ini sangat penting bagi kami pelaku media sosial madrasah. Banyak informasi baru yang kami peroleh dan nantinya akan kami terapkan di media sosial lembaga yang kami olah” tutur Yulia Pratitis, Humas MAN 2 Mojokerto di sela acara. (LIA)

Leave a Reply