Kantongi Nilai Monev Keterampilan A, MAN 2 Mojokerto menjadi Madrasah Plus Ketrampilan

Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto). Hari ini Jum’at (27/11) MAN 2 Mojokerto mendapatkan kunjungan dari tim monitoring dan evaluasi dari Kanwil Kemenag Jawa Timur. 

Tim monitoring ini menjalankan tugas untuk meninjau dan menilai kegiatan keterampilan yang telah berjalan di MAN 2 Mojokerto. Seperti yang kita ketahui bersama, MAN 2 Mojokerto tahun 2019 mendapatkan bantuan pembangunan gedung workshop keterampilan dari Kemenag RI. 

Pada awal tahun 2020 ini, MAN 2 Mojokerto juga mendapatkan dana hibah vokasi dari Pemprov Jatim. Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakannya muatan keterampilan bagi siswa MAN 2 Mojokerto. “Sebelum adanya gedung workshop, siswa kita memang sudah dibekali life skill yang sangat berguna bila mereka tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Tetapi sejak ada gedung workshop ini, kegiatan keterampilan semakin dikembangkan lagi dengan dukungan alat dan sarana yang lengkap dan canggih.” tutur Subkan direktur Keterampilan MAN 2 Mojokerto. 

“MAN 2 Mojokerto mendapatkan kepercayaan baru sebagai MAN plus keterampilan. Artinya siswa tidak hanya belajar ilmu akademik semata tetapi juga dibekali keterampilan hidup yang sangat berguna saat mereka lulus kelak. Hasil Monev hari ini madrasah kita mendapatkan nilai mutu A, artinya pelaksanaan kegiatan keterampilan di MAN 2 Mojokerto berjalan sangat baik. Terbukti dengan banyaknya produk unggulan siswa baik berupa batik, makanan boga dan film Animasi dan film pendek yang menjuarai festival film. Saya sampaikan terima kasih kepada pembina Keterampilan dan seluruh guru MAN 2 Mojokerto atas kerjasama yang baik selama ini” jelas Agus Tiono, kepala MAN 2 Mojokerto seusai mendampingi Tim Monev Kanwil. 

“Ada 6 jenis keterampilan yang bisa dipilih siswa sesuai bakat dan minatnya, yaitu Kriya batik, Boga, Busana, Animasi, Design Grafis dan DKV (Design Komunikasi Visual). Guru-guru dari semua keterampilan tersebut berkompeten di bidangnya masing-masing.” jelas Nur Hajati, koordinator Keterampilan MAN 2 Mojokerto. 

Keterampilan MAN 2 Mojokerto tidak hanya diajari cara membuat suatu produk, tetapi juga diajari cara memasarkan dan mempromosikan produknya. Siswa yang belajar keterampilan juga diberi kesempatan untuk magang di mitra kerja yang sudah memiliki MOU dengan MAN 2 Mojokerto. (LIA)

Leave a Reply