Membentuk Karakter Siswa dengan Penyembelihan Hewan Qurban di MAN 2 Mojokerto

Kab. Mojokerto (MAN 2 ) – Sholat idul adha sudah dilaksanakan kemarin oleh civitas MAN 2 Mojokerto, untuk hari tasyrik ini dilanjutkan dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban. Momentum idul adha yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah ini dimaknai oleh umat muslim di seluruh dunia  dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban.

Begitu juga dengan MAN 2 Mojokerto yang menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban yang berlangsung hari Sabtu (1/8).”Kegiatan penyembelihan hewan qurban ini merupakan agenda rutin madrasah, yang dilaksanakan oleh OSIS di bawah bimbingan Wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, tidak lain untuk meneladani nilai-nilai dan sifat keikhlasan Nabi Ismail dan ketaatan Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT,” Tutur Bambang Ismono selaku Wakil Madrasah bidang kesiswaan.

Pada kegiatan  ini MAN 2 Mojokerto menyembelih 3 ekor sapi. Daging kurban itu rencananya  akan distribusikan untuk warga madrasah mulai dari karyawan, guru, peserta didik, serta masyarakat yang berada di sekitar MAN 2 Mojokerto yang kurang mampu. Kegiatan penyembelihan hewan qurban ini juga menyisipkan pendidikan karakter kepada siswa-sisa MAN 2 Mojokerto. Pentingnya keikhlasan, berbagi dengan yang lain.Penyembelihan hewan qurban di MAN 2 Mojokerto terlaksana dengan baik. Kerja sama antara OSIS guru dan siswa-siswa yang lainnya.

Pembagian juga dilakukan oleh OSIS dibagikan kepada yang berhak. “Hewan qurban ini di beli dari iuran siswa, sedangkan bapak/ibu guru juga berqurban di titipkan di MAN 2 Mojokerto untuk penyembelihannya. “Ujar Masruchan selaku pembimbing keagamaan di MAN 2 Mojokerto. Tempat pemotongan di lapangan belakang MAN 2 Mojokerto dengan menerapkan protokol kesehatan. Semua yang melakukan penyembelihan dan pemotongan hewan qurban memakai masker.

Gema takbir berkumandang seiring dengan penyembelihan hewan qurban. Siswa-siswi sangat antusias menyaksikan penyembelihan qurban ini dan membantu dalam hal pemisahan daging dengan tulang dan memasukkan dalam kantong untuk didistribusikan ke penerima qurban.

Kepala Madrasah berharap, dengan adanya kegiatan ini siswa bisa mencapai pendidikan karakter yang berhubungan dengan praktik keagamaan yang selama ini dipelajarinya. “Ini merupakan Praktik dalam pembelajaran Agama arti berkorban, ikhlas dan juga berbagi dengan sesama” Tutur beliau saat melihat langsung penyembelihan hewan qurban di madrasah. (NIES)

Leave a Reply